October 16, 2016

Tips Liburan Ceria Bersama Anak ala Tempra

DrameHouse.com - Haloooo... mau kemana kita hari ini?? Liburan yuk, mumpung lagi weekend juga!

Yeay... liburan ^^ Siapa sih yang gak suka berlibur. Meninggalkan sejenak rutinitas sehari-hari yang melelahkan memang perlu untuk refreshing evaluasi waktu juga mencoba hal-hal baru yang mungkin bisa menjadi aktivitas baru yang menyenangkan, iya kan??

Liburan sendiri sebenarnya bisa di lakukan kapan pun, dimana pun dan dengan siapa pun. Bisa weekend bareng temen, pergi bareng keluarga pas libur sekolah atau yang paling simpel adalah.. hangout sama pacar tiap malem minggu *buat yang gak lagi ngejomblo tapi ya ^^.

Liburan itu gak melulu soal jauh dekatnya destinasi yang kita tuju, gak melulu harus ke tempat keren yang bisa dijadikan spot selfi kece atau pun gak harus pergi ke tempat mahal yang nyekek banget di kantong (karena liburannya pas tanggal tua ye).

Liburan yang sebenarnya itu adalah liburan yang bener-bener bisa bikin kita rileks dan enjoy. Bisa santai sejenak tanpa harus ada drama senin pagi yang pake telat atau ban bocor. Gak di kejar setrikaan yang manggil-manggil buat di kerjain atau buat yang udah punya baby, balita atau anak. Gak harus di bikin pusing sama jadwal anak yang mendadak ada jam pelajaran tambahan dan harus siap bikinin bekal makan siang. Dan semua tetek bengek keseharian yang bikin kepala migren.

Dan admin kece punya "Tempat Liburan Favorit" nih cingu. Dijamin gak bikin kantong cekak atau pake drama kehujanan. Di simak ya!

1| Taman Kota

Selain bisa go green, suasana taman kota di daerah ku cocok banget buat lokasi liburan kecil atau sekedar have fun di akhir minggu. Bisa bawa anak kecil juga loh. karena tempatnya emang kids friendly. Banyak pepohonan yang bikin sejuk, ada arena main anak-anak, banyak pedagang asongan, juga ada fasilitas penyewaan skuter. Asyik kan.... selain murah meriah dan gak ada tiket masuk (karena tempat umum juga). Suasana nya yang rame bikin anak belajar mengenal lingkungan.
(Asyik Bermain Kereta di Taman Kota Pasuruan)
2| Timezone

Nah, tempat ini memang surganya anak-anak bukan. Selain segambreng jenis mainan yang bisa dicoba, anak-anak juga bisa punya teman baru. Kalau ke timezone sih biasanya butuh waktu lama lebih panjang dari pada pergi ke taman kota. Kenapa?? karena anak biasanya tertarik dengan berbagai jenis permainan lucu yang di sediakan disana. Dan itu pasti bikin anak kelelahan yang endingnya bisa rewel atau demam. Tapi jangan khawatir ya, admin kece punya tipsnya setelah ini *scroll down :)

3| Kolam Renang

Berhubung rumah saya kecil dan gak kayak rumah artis yang punya kolam renang. Makanya saya kadang mengajak adik-adik saya untuk main-main air di tempat pemandian. selain bisa menyegarkan mata dengan melihat air yang seger, renang adalah salah satu jenis olahraga yang di anjurkan oleh nabi. Menggunakan semua anggota tubuh untuk bergerak, belajar mengatur pernafasan dan berdamai dengan dingin (buat yang biasa mandi pake air anget ^^ hehehehe)
(Nia dan Naya ketika berenang Bersama di Kolam Renang Suropati Pasuruan)
Nah, kenapa sih berlibur harus bawa anak kecil. So what gitu loh?? Kenapa enggak?? liburan bersama anak bukanlah sesuatu yang menakutkan atau bikin ribet. Liburan bersama anak bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan dan menciptakan moment berharga. Iya kan??

Nah, kalau belum punya anak?? masa iya sih kamu gak puny adik atau ponakan?? kadang tingkah mereka yang menjengkelkan membuat kita rindu untuk melakukannya. Atau kenakalan mereka yang sering bikin kita migrain kadang malah menghibur kita dan gak sengaja kita dibuat tertawa olehnya. Bener, kan?

Nah, *kok nah nah terus sih min. Bentar, biar kalian gak pusing kalau liburan ngajak adek, ponakan, sepupu atau anak tetangga (karena mungkin lagi caper sama mas nya, yeayyy). Admin kece kasih tips nya ya. Jangan khawatirdan baca baik-baik ya ^^.

1| Tenang

Kenapa harus tenang, karena liburan membawa anak kecil akan sangat jauh berbeda dari liburan biasa bareng temen atau pacar. Jangan mendramatisir keadaan atau heboh di perjalan dengan alasa takut mereka rewel atau apalah yang malah bikin mereka bad mood dan akhirnya merusak liburan.

2| Jadwalkan Liburanmu

Ini penting banget buat kalian yang liburan pertama dengan membawa anak. Jika kalian hanya ingin pergi dan bersenang-senang tanpa memperhatikan hal-hal penting. Maka kalian akan kerepotan dan kelelahan. Jadwalkan tempat-tempat yang akan di kunjungi, semakin sedikit itu lebih baik. Karena jika anak kelelahan, pasti mereka jadi rewel. Iya, kan?? Diskusikan dengan anak kemana mereka ingin pergi. Dan pastikan tempat yang akan kalian kungjungi aman dan kids friendly. Oke!
3| Pergi Saat Libur Sekolah

Ini untuk anak yang sudah memasuki bangku sekolah. Jadwal sekolah mereka sangat penting loh. Jangan mentang-mentang ribet di rumah dan pengen banget refreshing, kalian jadi gak memperhatikan jadwal sekolah mereka. Pastikan kalian pergi saat libur sekolah atau Low Season (bulan Februari - Mei & Agustus - November). Kenapa Low Season, supaya dapet tiket murah dan menghindari mecet. *jangan lupa ya ^^.

4| Bawa Keperluan Secukupnya

Liburan bersama anak kecil emang gak segampang liburan dengan pacar *eh.. yang bisa pergi semaunya tanpa membawa perlengkapan apapun kecuali bawa baju ganti kalo mau renang :) Liburan dengan anak kecil harus lebih detail dan teliti. Kita harus memperhatikan keperluan mereka. Susu, obat-obatan, diapers, baju ganti, bekal, mainan, cemilan, kipas tangan, tisu basah dan kering atau apapun yang mereka suka supaya bisa menghibur dan gak bikin perjalanan mereka membosankan. Pastikan juga mereka sarapan sebelum pergi. Takutnya mereka lapar di jalan, terus jalannya macet, cuacanya panas, AC mobil mati atau yang lebih parah. Macet, panas dan naik angkutan umum lagi. Dijamin, anak pasti rewel dan bikin kalian migrain :))
(Yeayy.... Packing ^^ Ready For The Holiday)
5| Konsultasi Dengan Dokter

Jika ini adalah pengalaman pertama kalian liburan bareng anak. pastikan memeriksa kondisi kesehatan mereka sebelum berangkat. Luangkan juga banyak waktu istirahat supaya mereka tidak kelelahan dan kemudian sakit ketika liburan. Tanyakan pada dokter kalian, bagaiamana kondisi anak yang akan berlibur ke tempat tujuan mu. Terutama bagi mereka yang special needs atau mengidap penyakit mudah kambuh. Seperti asma, yang kalau kelelahan atau kepanasan bisa kambuh dan harus segera istirahat untuk menetralkan pernafasannya.

Tapi, kalau kalian males pergi ke dokter. Pastikan aja kalian membawa obat yang aman dan sesuai dengan kondisi si anak. Kalau admin kece sih percaya sama Tempra! Kenapa?? karena tempra aman untuk anak usia 1-6 tahun (kayak si bunggu yang baru masuk TK). Selain itu, tempra juga cepat menurunkan demam. Sebab paracetamol nya yang bekerja langsung di pusat panas dan meredakan nyeri. Bikin anak jadi sehat dan riang kembali. Yeayyyy!

6| Tips Memilih Hotel

Pilihkan hotel, home stay atau tempat penginapan yang aman, nyaman da n tenang untuk anak kecil. Jangan karena murah kalian jadi memilih tempat bermalam yang berisik dan kotor. Ini akan mengganggu mereka juga bisa menyebabkan anak terserang penyakit.

Pastikan hotel, home stay atau tempat penginapan kalian tidak jauh dari lokasi liburan, mudah di jangkau kendaraan dan mendukung kebutuhan anak seperti :
  • Aman - Aman dari gangguan lingkungan yang akan menimbulkan hal-hal negatif bagi anak. Misalnya ada tamu lain di hotel, home stay atau penginapan tersebut yang berpakaian tidak sopan dan sedang mabuk. Pastikan anak-anak tidak melihatnya. Karena tempat seperti ini bisa merusak pikiran mereka.
  • Nyaman - Pastikan juga kebersihan dari tempat bermalam kalian. Periksa airnya, tempat tidur juga kondisi sekitar kamar. Jangan biarkan kuman atau penyakit menular mengintai anak kalian. *WARNING
  • Tenang - Nah, yang ini menentukan banget kondisi anak. kalau tempat bermalam yang kalian pilih salah sasaran dan berisik banget (biasanya tempat murah, hihihihi) maka kalian harus bersiap-siap berdamai dengan kerewelan anak. Mereka yang tidak suka dengan kebisinginan akan mudah marah dan gak kerasan. Iya, kan? 
  • Hotel Bersahabat - Ini bagi kalian yang beruang (alias banyak uang).
* Biasanya liburan bersama anak akan memakan waktu dan energi dua kali lipat dibanding liburan tanpa anak. Jika anak masih suka gendong atau kalian membawa kereta bayi, pastikan memilih hotel dengan yang menyediakan lift. Karena kalau tidak, kalian akan membutuhkan porsi makan lebih besar dari biasanya *kelaparan karena kebanyakan gendong ^^.   
** TV Channel. Ini juga mungkin sangat penting untuk anak di era digital ini. Mereka bisa menonton televisi sebelum tidur. Dan kalian bisa meninggalkan mereka sejenak untuk berbenah. Tapi pastikan mereka memilih dan menonton saluran sesuai usia ya. Pastikan juga tempat mereka menonton aman dan tidak mudah terjatuh (kalau nontonya di kasur yang gak ada pinggirnya). 
***Laundry. Salah satu kebutuhan anak ketika berlibur adalah baju ganti. Kalian butuh ekstra baju ganti untuk mereka. Ini hanya untuk antisipasi jika baju mereka tiba-tiba basah atau kotor ketumpahan air (makanan). Jasa laundry bisa saja jadi pahlawan ketika berlibur. Kalian bisa pulang dengan baju ganti yang sudah bersih karena sudah di cuci di laundry atau bisa ganti baju kapan saja tanpa khawatir harus mencuci, menjemur dan setrika karena butuh waktu yang tidak sesuai jadwal.
7| Tips Naik Pesawat

Siapa sih yang betah dengan tangisan anak kecil. Mereka akan berubah menjadi menyebalkan dan rewel ketika pertama kali naik pesawat. Kenapa?? karena ini adalah pengalaman mereka terbang dan mendengar suara mesin pesawat yang bising dan bikin sakit kuping. Atau mereka lagi lapar dan bosen karena gak ada kegiatan atau mainan sepanjang perjalan. Dan supaya liburan kalian bersama anak menjadi lebih menyenangkan dan nyaman di dalam pesawat. Simak trik admin kece berikut ya :
  • Siapkan susu botol atau ASI ketika pesawat akan lepas landas. Ini berguna untuk mencegah telinga mereka merasakan sakit atau berdengung ketika terjadi tekanan udara.
  • Siapkan Mainan Favorit. Berikan mereka mainan kesayangan yang akan membantu menenangkan dan menghilangkan rasa bosan anak ketika dalam pesawat. Terutama untuk kalian dengan tujuan perjalanan jauh dan membutuhkan waktu terbang lama.
  • Tidurkan anak seperti kalian menidurkan mereka di jam tidur ketika kalian terbang pada malam hari. Kalian juga bisa memakaikan piyama kesayangan mereka dan menidurkan mereka layaknya di kamar sendiri supaya mereka merasa nyaman.
  • Ajak anak ke kamar menadi sebelum pesawat mendarat. Tujuannya, supaya kalian tidak kebingungan mencari kamar mandi begitu turun dari pesawat karena memang anak sudah tidak memakai diapers lagi.
  • Beri mereka cemilan atau makanan kecil. Di khawatirkan mereka akan merasa lapar ketika menunggu antrian bagasi yang kadang kayak antri sembako. Lama banget!
  • Dan usahakan check in lebih awal bagi kalian yang membawa bayi. Minta tolong pada pramugari untuk menyiapkan tempat tidur bayi di kursi kalian.

8| SIMPAN!

Apanya yang di simpan min?? hemmm.. tentu semua pengalaman dan cerita seru kalian pas liburan bareng anak. Semua peristiwa menyenangkan ataupun menyedihkan wajib kita rekamdalam sebuah foto, video ataupun catatan kecil dalam agenda. Tujuannya adalah sebagai kenangan dan memori yang bisa kita buka lagi nanti ketika waktu berlalu dengan cepatnya. Bisa juga di share sebagai pengalaman menarik cingu untuk anggota keluarga yang lain. Nah, sudahkah kalian menyimpan semua kenangan dalam perjalanan dengan baik. Kalau belum, mulai dari sekarang yuk ^^.

Nah, itulah beberapa tips Liburan Ceria ala Anak Tempra dan Tempat Liburan Favorit admin kece. Asyik, kan. JADI GIMANA? KALIAN SUDAH SIAP LIBURAN BARENG ANAK? Yups, semua moment akan menjadi lebih berharga jika kita mensyukurinya, bukan?

How about you?? punya tips liburan bersama anak lain yang belum admin kece bahas. Yuks share di kolom komentar dibawah. Kita have fun bareng kiddos ya :)

"Artikel ini di ikut sertakan dalam Lomba Blog yang di selenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Taisho"

source pic : www.freepik.com

Drama Kece, Inspirasinya pasti oke, kan?

4 komentar

Kalau aku emamg kalau berlibur wajib bawa anak kecil, lha kalau enggak, msiapa yg jagain? hehehe

Iya kalau liburan ma anak kudu dijadwalkan dan direncanakan dgn baik ya mbak...

iya mbak. bener banget! meski blm jd emak2, tp aku selalu bawa adek kmn2. untungnya meski jauh g pernah rewel dan anteng saat di perjalanan ^^

*beruntungnya jd kakak yg sayang adek :)

Hello there, thank you for checking out my blog :) Respect the work of others and still be YOURSELF! Trust, your email address will not be published. Required fields are Marked ^^ XOXO
EmoticonEmoticon