November 26, 2015

Serunya Menjalankan Ibadah Puasa & Tradisi Ramadhan Di Korea Selatan

DrameHouse.com - Anyeonghaseo cingudeul, mumpung masih suasana ramadhan, admin kece will be share info menarik tentang serunya menjalankan ibadah puasa di Seoul, Korea Selatan. Bagaimana umat muslim dan warga Korea saling bertoleransi dan berbagi dalam bulan suci ini. Scroll down ya, enjoy!

Menjalani ibadah puasa di Korea Selatan memang menjadi pengalaman unik tersendiri, kan? Bagaimana tidak, negara yang hanya ada segelintir umat muslim itu punya tradisi dan cara mereka sendiri dalam menghormati budaya dan saling bertoleransi dengan umat agama lain.

Dan yang unik adalah ketika bulan puasa seperti saat ini, para umat muslim yang stay di Korea Selatan saling mengunjungi masjid-masjid dan berkumpul disana. Jadi bukan sama saudara lagi berbukanya, tapi bareng warga yang sama-sama merantau cingu. Dan yang paling asyik itu, orang Korea non muslim pun ikut berkunjung ke masjid. Entah sebagai wisata atau karena toleransi, yang jelas masjid-masjid yang ada di Korea makin ramai ketika ramadhan tiba.

Baca Juga : Berbuka Dengan Makanan Halal di EID Restaurant Itaewon Seoul

Salah satu masjid yang paling banyak dikunjungi adalah Masjid Central, Seoul. Menurut Wikipedia sih masjid ini terletak di Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan.
Korean Central Mosque
Kalau di Indonesia banyak restoran, warung makan, cafe atau tempat karaoke yang tutup. Beda hal nya jika di Korea Selatan. Sebagian besar masyarakat Korea tidak mengenal bulan Ramadan. Jadi banyak juga restoran yang tetap buka seperti biasa sepanjang bulan. Meski di Indonesia juga ada yang gitu sih pemirsa. Tutup warungnya nya, tapi pintu belakang masih buka. Banyak !

Nah, di Korea Selatan ada juga tradisi yang dilakukan warga muslim selama bulan Ramadan. Menurut salah seorang mahasiswa asal Indonesia yang tinggal disana, Korean Muslim Federation (KMF) mengadakan sayembara MTQ di masjid utama Seoul setiap hari Jumat. Kegiatan ini tentu saja untuk mempererat hubungan silaturahmi antar warga muslim di Korsel.

Di Busan juga ada loh sayembara MTQ, dan baru-baru ini Busan Branch Korea Muslim Federation membagi jadwal sholat dan imsakiyah (Prayer Time Schedule for Ulasan based on Ulsan Baburrahman Islam Center) untuk daerah ini via sosmed artis kita #YannieKim. Keren ya ^^ tengkyu mbak yannie #HappyFasting ^^.

Sedangkan KBRI Indonesia biasanya mengadakan acara buka puasa bersama setiap hari Sabtu. Dan yang bikin KBRI selalu sukses dengan acara buka bersama nya adalah menu khas Indonesia yang sukses bikin ngiler dan rindu kampung halaman. Ada kolak, ubi goreng, cendol, sop buah, tahu isi dan sebagainya.

Wahhh.... berasa di negara sendiri yak kalau begini. Meski puasa nya di Korea, tapi menu berbuka nya masih rasa Indonesia. *asyikkkk admin kece pengen deh puasa di Korsel juga. Terus sahur bareng bang alien Do Min Jun atau buka bersama kapten Yoo Shi Jin gitu. Mau gak cingu *ngayal ^^ hahahahaha

Jangan lupa, baca yang ini juga ya : 3 Menu Buka Puasa ala Korea

Drama Kece, Inspirasinya pasti oke, kan?

Hello there, thank you for checking out my blog :) Respect the work of others and still be YOURSELF! Trust, your email address will not be published. Required fields are Marked ^^ XOXO
EmoticonEmoticon