November 28, 2015

10 Frasa Penting Dalam Bahasa Korea

DrameHouse.com - Anyeonghaseo pemirsa, bahasa adalah syarat utama bagi kita untuk bisa berkomunikasi dan mengenal lingkungan di sekitar kita. Begitu hal nya dengan kecintaan admin kece terhadap Korea. Menonton drama Korea tanpa mengerti dengan jelas apa yang di bicarakan dalam setiap adegan ibarat sayur tanpa garam. Kosong !! Kita hanya akan jadi penonton setia tanpa tahu alur cerita nya. Iya kan?? Jadi, meski kita harus berlomba mencari subtitle bahasa Indonesia untuk sebuah drama asing, itu tidak jadi masalah pemirsa. Dan pada kesempatan kali ini, admin kece akan berbagi ilmu yang admin dapat dari Salam Korea seputar 10 Frasa Penting Dalam Bahasa Korea. Are you ready.... ???
10 Frasa Penting Dalam Bahasa Korea
1. 안녕하세요 (an-nyeong-ha-se-yo) = halo

Frasa paling dasar adalah “halo” atau yang lebih kita kenal dengan “annyeonghaseyo”. Apabila mengetahui frasa ini, cingu bisa memulai percakapan dengan orang lain yang ditemui saat berkunjung ke Korea. Frasa ini juga dapat diucapkan ketika masuk ke toko atau restoran. Syukur-syukur kalau bisa ketemu say hello sama Lee Min Ho oppa.. ^^

2. 죄송합니다 (joe-song-ham-ni-da) = maaf

Orang-orang Korea terkenal dengan kebiasaan mereka melakukan sesuatu dengan cepat. Berjalan dengan cepat di tengah kesibukan merupakan hal yang biasa. Maka, tidak jarang jika kita akan bertabrakan dengan orang. Jangan lupa mengucapkan frasa ini apabila kita tidak sengaja bertabrakan dengan orang disana, atau tidak sengaja melakukan kesalahan lainnya.

3. 주세요 (ju-se-yo) = tolong/tolong berikan

Frasa ketiga sangat penting bagi cingu yang sedang berjalan-jalan atau berada di sebuah toko dan restoran. Jika cingu ingin memesan sesuatu, cingu cukup menyebutkan barang yang diinginkan lalu menambahkan “juseyo” di belakangnya. Contohnya jika ingin meminta air : 물 주세요 (mul juseyo). Atau ketika ingin meminta tolong sesuatu pada orang lain, cingu juga bisa menggunakan frasa ini. Misalnya untuk meminta orang lain memberi tahu sesuatu, cingu bisa menyebutkan : 알려주세요 (allyeo juseyo).

4. 반갑습니다 (ban-gap-seum-ni-da) = senang bertemu dengan anda

Setelah memulai percakapan dengan “annyeonghaseyo”, sangat baik menyebutkan frasa ini. "갑습니다 (ban-gap-seum-ni-da)"

5. 잠시만요 (jam-shi-man-yo) = tunggu sebentar

Kalau cingu menanyakan arah jalan dan tiba-tiba harus mengambil kertas dan pulpen untuk mencatat, Jeolchin bisa mengatakan frasa ini agar orang tersebut berhenti bicara terlebih dulu.

6. 감사합니다 (kam-sa-ham-ni-da) = terima kasih

Nah, tidak hanya berkunjung ke Korea. Frasa ini sangat penting kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan bahasa kita sendiri cingu. Jangan sampai lupa mengucapkan terima kasih ketika mendapat bantuan atau mendapat sesuatu ya. "Kam-sa-ham-nida"

7. 어디예요 (eo-di-ye-yo) = di mana

Ketika kita berlibur di Korea, mungkin akan ada saatnya kita ingin menanyakan letak suatu tempat pada orang-orang. Cukup menyebutkan nama tempat diikuti dengan frasa “eodiyeyo”, Jeolchin dapat bertanya pada orang yang ditemui. Misalnya jika ingin bertanya letak 63 Building: “육삼 빌딩 어디에요?” (yuksam bilding eodiyeyo?)

8. 이것 (i-geot) = (yang) ini

Ketika memesan makanan tapi tidak bisa membaca hurufnya, cingu bisa menunjuk menu dan mengatakan frasa ini. Atau ketika berbelanja di pasar dan ingin membeli sebuah barang tertentu, cingu bisa menunjuk barang tersebut dan mengatakan: “이것 하나 주세요.” (igeot hana juseyo)

9. 얼마예요 (eol-ma-ye-yo) = berapa harganya

Ketika berbelanja dan ingin menanyakan harganya, Jeolchin dapat mengatakan frasa nomor 8 dipadukan dengan frasa nomor 9 ini: “이것 얼마에요?” (igeot eolmayeyo? = barang yang ini harganya berapa?)

10. 한국말 잘 못해요 (han-guk-mal jal mot-hae-yo) = saya tidak terlalu bisa bicara bahasa Korea

Dan yang terakhir. Sebagai wisatawan mancanegara, wajar saja kalau cingu tidak dapat bicara bahasa Korea se-lancar para pangeran drama ^^. Tidak ada salahnya untuk mengakuinya. Orang-orang Korea pun belajar bahasa Inggris di sekolah. Jadi, jika cingu mengalami kesulitan bicara bahasa Korea, mereka dapat membantu kita dengan menggunakan bahasa Inggris.

Bagaimana cingu , keren kan jika kita mau belajar dan berbagi. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa juga baca : Serunya Menjalankan Ibadah Puasa Di Seoul ^^

감사합니다, 안녕 ^^ Kamsahamnida, Anyeong ~

Drama Kece, Inspirasinya pasti oke, kan?

2 komentar

Waah lumayan beribet nih nyebutinnya. Mesti ditulis ya biar sedikit2 inget lah minimal 5 kata perhari. emang bahasa lah yang mampu menghubungkan kita dengan yang lainnya..
Nice post mak.. salam drama :D

iya mak, kalo gak ngewes bahasa korea nya jangan coba-coba tulis hangul. Bisa di kritik ame yg udah jago. Lebih gampang nya sih langsung ditulis seperti cara baca nya aja, hehehehe ^^

Hello there, thank you for checking out my blog :) Respect the work of others and still be YOURSELF! Trust, your email address will not be published. Required fields are Marked ^^ XOXO
EmoticonEmoticon